Kamis, 02 September 2010

POSTINGAN PERTAMAKU, an INTRODUCTION

Postingan pertama ini akan saya manfaatkan untuk memperkenalkan diri saya terlebih dahulu dan memberi sedikit penjelasan tentang latar belakang/tujuan blog ini saya buat.

Perkenalkan nama saya Mangasa Sianturi, lahir di Sibolga 19 Juni 1981. Saya seorang Sarjana Teknik Sipil lulusan salah satu universitas negeri di Sumatera Utara. Setelah lulus, selanjutnya saya bekerja diberbagai perusahaan yang berhubungan dengan bidang keilmuan saya yaitu dibidang konstruksi. Hingga akhir tahun 2009 saya harus meninggalkan dunia konstruksi karena saya diterima bekerja di salah satu BUMN perkebunan. Sejak itu dan hingga saat ini saya bekerja di sebuah Pabrik Pengolahan Karet milik BUMN perkebunan tersebut. Bidang pekerjaan yang sangat berbeda dengan latar belakang pendidikan memaksa saya untuk belajar kembali dari nol, namun lama kelamaan saya mulai merasa nyaman dan enjoy dengan posisi pekerjaan saya yang baru ini.

Selanjutnya saya akan menjelaskan apa yang menjadi tujuan saya membuat blog ini. Melalui blog ini saya sedang mencoba berbagi pengetahuan, ide, pengalaman, dan pemikiran saya kepada anda yang membaca. Saya sepaham dengan teori "siapa yang menabur dia yang akan menuai" yang menyebutkan bahwa dengan berbagi kepada orang lain akan memberi manfaat balik yang sama dan bahkan berlipat ganda terhadap diri kita sendiri. Dengan menulis apa yang ada dalam pikiran tentunya akan meningkatkan kemampuan saya dalam berkomunikasi dengan orang lain. Komentar-komentar balik dari pembaca blog ini akan menjadi indikator apakah saya benar-benar berhasil mengkomunikasikan pemikiran saya kepada orang lain.

Tulisan saya nantinya akan banyak membahas permasalahan di seputar pekerjaan saya yang baru, yaitu diseputar manajemen pabrik terutama Pabrik Pengolahan Karet. Tapi saya juga tidak menutup kemungkinan akan menulis hal-hal tentang dunia konstruksi (bidang pekerjaan yang dulu saya geluti dan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya). Selain itu, saya juga mungkin akan menulis opini-opini tentang berbagai hal, bisa jadi tentang politik, ekonomi atau apapun yang sedang jadi pembicaraan hangat ditengah masyarakat. Kesimpulannya, saya sebenarnya tidak membatasi apa-apa saja yang harus saya tulis tapi saya akan lebih banyak fokus kepada bidang pekerjaan yang saya geluti sekarang (yang mulai saya cintai..he..he..he).

Sedari dulu saya sebenarnya sudah memendam keinginan besar untuk bisa berbagi pemikiran melalui tulisan. Saya kagum kepada orang-orang yang telah berhasil menuliskan pemikiran mereka dan membagikannya dengan orang lain. Tapi saya punya beberapa kendala, yang antara lain misalnya:
  • Saya belum pernah sekalipun membuat tulisan yang terpublikasi (paling skripsi atau makalah waktu masa kuliah-itupun bukan terpublikasi secara umum kan!). Saya menjadi ragu/tidak yakin kalau tulisan saya akan dapat dimengerti oleh orang lain. Minimnya pengalaman mungkin akan membuat tulisan saya terlihat kurang persiapan/kurang matang. Namun saya tetap harus memberanikan diri karena seribu langkah kedepan harus dimulai dengan 1 langkah pertama (setuju kan?)
  • Saya juga punya kesulitan merangkai kata-kata agar dapat menjadi kalimat yang bisa mewakili pesan yang saya ingin saya sampaikan. Saya khawatir pembaca malah kebingungan/tidak mengerti apa yang sedang saya coba sampaikan.
  • Masih bingung untuk menentukan media apa yang paling cocok sebagai wadah tempat saya menulis. Untuk mengirimkan tulisan ke majalah atau koran saya masih belum berani (takut tidak diterima/ditolak) dan tentunya saya harus membuat tulisan-tulisan dengan topik yang terbatas.
Tapi sekarang seluruh masalah tersebut rasanya terjawab sudah dengan adanya blog ini. Kelebihan blog adalah minim sekali aturan dan tata bahasa, bahkan sama sekali tidak ada aturan tata bahasa. Apa saja boleh kita tuliskan dan kita bisa melompat dari satu pendapat ke pendapat yang lain. Tentunya saya tidak akan seenak hati dalam menuliskan sesuatu. Harus dipikirkan jugalah apakah tulisan saya itu nantinya akan memberi manfaat buat orang lain atau malah jadi kontroversi dan membuat pertentangan atau menyinggung perasaan orang lain (semoga saja tidak ya…). Dan bagaimana dengan dengan kualitas? Hmm, kalau soal kualitas saya jadikan nomor sekian, yang penting adalah saya menikmati proses dalam menulis dan saya bisa mendapat kepuasan secara pribadi.

Dan sekarang hadirlah tulisan saya yang pertama dihadapan anda yang barangkali masih banyak terdapat kekurangan disana sini. Layout blog inipun rasanya perlu banyak perbaikan agar lebih nyaman dilihat. Saya masih bingung mau pilih layout seperti apa tapi nantinya mungkin anda akan melihat perubahan-perubahan tampilan dari blog ini.

Apakah anda juga memiliki kesulitan menulis seperti saya? Atau apakah anda juga ingin menulis blog seperti saya? Bagaimana pendapat anda yang sudah terbiasa menulis blog? Silahkan bagi komentar anda disini.

6 komentar:

  1. bah...ido akke...jangan kebanyakan bingung lae...hehehehehhe....

    BalasHapus
  2. @monroe: Namanya masih baru mulai lae...
    @popo: Thank you bro...Jadi mangkin berenergi nih

    BalasHapus
  3. bro template nya di modif donk....

    BalasHapus
  4. Saranmu memang lagi jadi pertimbangan Ampara.
    Masih dicari Template yang cocok. Ada saran?

    BalasHapus
  5. sudah 2013 ini, mana updatenya???

    Tulis soal karet lagi dong.

    BalasHapus